+628113500030
+6285231649399
D5B18BBA

Gunung Bromo di Jawatimur Destinasi Populer

Saturday, December 9th 2017.

gunung bromoGunung Bromo adalah salah satu destinasi wisata populer di Jawatimur, khususnya bagi wisatawan pecinta alam baik domestik maupun mancanegara. Gunung ini dikengelilingi oleh padang pasir yang terdapat bangunan candi hindu di tengah-tengahnya. Selain itu juga memiliki wilayah padang rumput sangat luas dan indah yang dikenal dengan nama bukit Teletubbies.

Sesuai dengan keputusan Menteri Kehutanan No. SK.178/Menhut-II/2005 29 Juni 2005, bahwa Gunung Bromo masuk di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Penetapan keputusan ini berdasarkan keunikan adanya kawah aktif di dalam kawah, yaitu kawah Gunung Bromo.

Faktor Gunung Bromo Menjadi Populer

Banyak faktor yang menjadikan Gunung Bromo sebagai objek wisata populer di Jawatimur, ada 4 faktor yang menjadikannya populer, diantaranya adalah:

1. Gunung Bromo Memiliki 3 Sunrise View Point

  • Pos Pananjakan
  • Puncak B29 dan
  • Bukit Kingkong

Sementara ini yang paling favorit adalah Pos Pananjakan, karena view Sunrie dan Gunung Bromo terlihat sangat indah dari pos ini. Jika menginginkan sunrise di pos pananjakan, ada baiknya carilah homestay di daerah Cemorolawang. Berangkat dari Homestay jam 3 pagi dengan Jeep 4WD, sedangkan kalau penginapan anda di wilayah Sukapura sebaiknya berangkat lebih awal karena Sukapura masih sejauh sekitar 8Km di bawah cemorolawang.

Biasanya di Pos Pananjakan selalu dipenuhi dengan wisatawan saat sunrise, terlebih lagi saat long weekend atau high season pada bulan Juni, Juli dan Agustus. Oleh karena itu diperlukan berangkat pagi-pagi sekali agar mendapat tempat paling depan dan penglihatan tidak terhalang oleh pengunjung lainnya.

Dari keterangan tersebut diatas, bisa diketahui alasan kenapa harus berangkat jam 3 pagi, sebab jika berangkat sedikit terlambat Pos Pananjakan sudah dipenuhi pengunjung dan akhirnya driver jeep akan membawa anda ke bukit kingkong yang letaknya berada di bawah pos pananjakan.

2. Bromo Jeep 4WD Tour

Jeep di Gunung Bromo menjadi daya tarik tersendiri, wisatawan dapat menjelajahi wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan mengendarai Jeep. Jika menginginkan menjelajah hingga ke bukit teletubbies, pasir berbisik, dan tempat menarik lainnya bisa menyewa Private Jeep.

Atau bisa ikut Sharing jeep, biasanya sharing jeep ini akan di gabung dengan wisatawan lainnya dan seringnya bisa bareng dengan bule juga. Trip untuk sharing jeep biasanya cuma 3 tempat diantaranya adala pos pananjakan, view point stop untuk foto-foto sisi lain gunung bromo.

3. Berkuda menyebrangi Padang Pasir Bromo 

Jika merasa terlalu jauh dan lelah dengan berjalan kaki untuk menyeberangi padang pasir bromo anda dapat menyewa kuda, setelah turun di parkiran jeep biasanya banyak sekali yang menawarkan kuda untuk disewa guna menyeberangi padang pasir.

4. Bromo Jazz Gunung

Musik ber gendre Jazz bertaraf Internasional ini adalah acara rutin yang diadakan setiap Tahunnya, Perhelatan besar ini dilaksanakan dipanggung terbuka.

Awalnya Jazz Gunung ini merupakan ide dari 3 tokoh karena kecintaannya terhadap seni, mereka adalah Sigit Pramono (bankir &fotografer), Butet Kartaredjasa (seniman multi talent) dan Djaduk Ferianto (Seniman Musik) dan berhasil mewujudkan pertunjukan musik Jazz Gunung di Tahun 2009, tepatnya di salah satu hotel didekat Gunung Bromo yaitu halaman Java Banana Hotel, Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Acara yang digelar 18 dan 19 Agustus 2017, Jazz Gunung menampilkan musisi terkenal seperti Dewa Budjana, Indra Lesmana, Glenn Fredly, Ring of Fire Project feat Idang Rasjidi & Soimah. Bahkan tampil juga musisi dari Luar Negeri yaitu Paul McCandless with Charged Particles, secara pastinya performance mereka sudah tidak diragukan lagi kwalitasnya.

Cara Mudah ke Gunung Bromo

Jika anda mempunyai niat melakukan perjalanan wisata ke Gunung Bromo, sampai saat ini cara paling mudah adalah dengan menggunakan jasa Paket Tour Bromo daripada anda harus repot organize sendiri.

Atau kalau menginginkan trip sendiri, naiklah kereta sri tanjung atau logawa, turun di stasiun probolinggo kemudian carilah agen wisata di sepanjang jl. raya bromo. Best Recommended adalah Bromo Master Holiday, anda bisa memilih menggunakan Shuttle atau private transport ke Cemorolawang, kalau anda belum booking penginapan, Bromo MAster Holiday juga bisa melayani booking Room di Cemoro Lawang.